Sunday, May 18, 2014

Manfaat Daun Salam Untuk Masakan Dan Kesehatan

Kandungan Manfaat Daun Salam

Jika kita berbicara mengenai pemikiran orang awam, maka daun salam hanya sejenis daun rempah yang bisa dimanfaatkan untuk membuat masakan memiliki rasa yang lebih nikmat, harum dan enak. Namun jika kita berbicara mengenai kandungan nutrisi dalam daun salam, maka berikut adalah beberapa nutrisi yang bisa didapat :

1.       Kalori
2.       Karbohidrat dan serat
3.       Mineral
4.       Vitamin A,
5.       Vitamin B6,
6.       Vitamin B9, dan
7.       Vitamin C
Jika digunaka untuk memasak saja, kandungan nutrisi dan manfaat daun salam tersebut tidak akan didapat sepenuhnya, karena yang kita manfaatkan dari daun salam hanyalah aroma dan kemampuannya untuk memberikan rasa yang nikmat pada masakan. Padahal kalau kita tahu, ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk mengambil kandungan nutrisinya, beberapa diantaranya untuk menyembuhkan penyakit dan menjaga kesehatan.

Manfaat Daun Salam Untuk Pengobatan


Seperti yang saya uraikan di atas, daun salam bisa kita ambil manfaatnya sebagai pengobatan. Penyakit yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan daun salam antara lain :
1.       Diare
Saat diare melanda, jangan biarkan hal tersebut berlangsung lama, karena akan membuat kita kehilangan tenaga dan cairan. Lakukan antisipasi dengan mengambil manfaat daun salam. Caranya sebagai berikut :
Ambillah daun salam sebanyak  20 lembar, cuci hingga bersih. Setelah itu didihkan 2 liter air dan rebus daun salam di dalamnya dan tambahkan garam sebanyak 2 sendok. Setelah matang, diamkan sejenak hingga hangat, dan minumlah dalam keadaan hangat. Minumlah ramuan ini sebanyak 1 gelas dalam sehari, hingga diare sembuh.
2.       Maag
Penyakit yang berhubungan dengan lambung ini akan menganggu sistem pencernaan kita, karena orang yang menderita maag akan malas untuk makan, karena diisi makanan sakit, tidak diisi pun sakit. Jadi, jangan biarkan hal ini menjadi semakin parah dan atasi maag yang diderita dengan ramuan daun salam berikut ini :
Ambil daun salam sebanyak 15 lembar, cuci dan bersihkan. Panaskan 2 liter air dan masukkan daun salam ke dalamnya dengan menambahkan gula aren secukupnya. Biarkan hingga matang dan mendidih. Setelah selesai, biarkan hingga ramuan tersebut dingin dan minumlah sebanyak 1 gelas setiap hari. Lakukan cara ini terus sampai gejala maag yang Anda rasakan mereda dan teratasi.
3.       Hipertensi

Penyakit tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan hipertensi ini perlu segera diatasi, karena kalau dibiarkan akan menimbulkan kemungkinan datangnya penyakit lain yang lebih berbahaya, seperti penyakit jantung dan stroke. Untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda, manfaatkan daun salam dengan cara sebagai berikut :

Ambil daun salam sebanyak 15 lembar, cuci dan bersihkan. Didihkan air putiih sebanyak 3 gelas dan masukkan daun salam ke dalamnya. Biarkan mendidih hingga air yang tersisa hanya 1 gelas. Minumlah dalam keadaan hangat secara rutin setiap hari, maka tekanan darah lambat laun akan menurun.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam mengambil manfaat daun salam untuk mengobati berbagai penyakit. Selamat mencoba J

No comments:

Post a Comment