Tuesday, January 6, 2015

fakta Kista ovarium

    


    



Apa ovarium dan apa kista ovarium?

Ovarium adalah salah satu dari sepasang kelenjar reproduksi pada wanita yang terletak di panggul, satu pada setiap sisi rahim. Setiap ovarium tentang ukuran dan bentuk kenari. Ovarium menghasilkan telur (ovum) dan hormon wanita estrogen dan progesteron. Ovarium merupakan sumber utama dari hormon wanita, yang mengontrol perkembangan karakteristik tubuh wanita seperti payudara, bentuk tubuh, dan rambut tubuh. Mereka juga mengatur siklus menstruasi dan kehamilan. Kista ovarium ditutup, struktur kantung-seperti dalam ovarium yang mengandung zat cair, gas, atau setengah padat. "Kista" hanyalah istilah umum untuk struktur berisi cairan, yang mungkin atau mungkin tidak mewakili tumor atau neoplasma (pertumbuhan baru). Jika tumor, mungkin jinak atau ganas. Ovarium juga disebut sebagai gonad betina.


Apa yang menyebabkan kista ovarium?

Kista ovarium terbentuk untuk berbagai alasan. Jenis yang paling umum adalah kista folikel, yang dihasilkan dari pertumbuhan folikel. Sebuah folikel adalah kantung berisi cairan yang normal yang berisi telur. Kista folikel terbentuk ketika folikel tumbuh lebih besar dari normal selama siklus menstruasi dan tidak terbuka untuk melepaskan telur. Biasanya, kista folikel menyelesaikan secara spontan selama hari untuk bulan. Kista dapat mengandung darah (kista hemoragik) dari kebocoran darah ke dalam kantung telur.

Tipe lain dari kista ovarium yang berhubungan dengan siklus menstruasi adalah kista korpus luteum. Korpus luteum adalah suatu area dari jaringan dalam ovarium yang terjadi setelah telur telah dilepaskan dari folikel. Jika kehamilan tidak terjadi, corpus luteum biasanya rusak dan menghilang. Mungkin, bagaimanapun, mengisi dengan darah cairan atau dan bertahan sebagai kista pada ovarium. Biasanya, kista ini ditemukan hanya pada satu sisi, menghasilkan tidak symptomsand resolve secara spontan.

Endometriosis adalah suatu kondisi di sel yang biasanya tumbuh di dalam sebagai lapisan rahim (rahim) yang, bukannya tumbuh di luar rahim di lokasi lain. Ovarium adalah situs umum untuk endometriosis. Ketika endometriosis melibatkan ovarium, daerah jaringan endometrium dapat tumbuh dan berdarah dari waktu ke waktu, membentuk kista darah diisi dengan isi-merah atau coklat berwarna disebut endometrioma, kadang-kadang disebut sebagai kista coklat atau endometrioma. Kondisi yang dikenal sebagai sindrom ovarium polikistik (PCOS) ditandai dengan adanya beberapa kista kecil di dalam ovarium. PCOS dikaitkan dengan sejumlah masalah hormonal dan merupakan penyebab paling umum dari ketidaksuburan pada wanita.

Kedua tumor jinak dan ganas ovarium juga mungkin kistik. Kadang-kadang, jaringan ovarium berkembang secara abnormal untuk membentuk jaringan tubuh lain seperti rambut atau gigi. Kista dengan jaringan-jaringan abnormal benar tumor disebut denign teratoma kistik atau kista dermoid.

Infeksi pada organ panggul dapat melibatkan ovarium dan saluran telur. Dalam kasus yang parah, ruang kistik berisi nanah mungkin ada pada atau sekitar ovarium atau tabung. Ini dikenal sebagai abses tubo-ovarium.
Gambar dari sistem reproduksi wanita
Gambar dari sistem reproduksi wanita

Gejala apa yang disebabkan oleh kista ovarium?

Kebanyakan kista ovarium tidak pernah melihat dan menyelesaikan tanpa wanita pernah menyadari bahwa mereka berada di sana. Ketika kista menyebabkan gejala, nyeri di perut atau panggul adalah yang paling umum. Rasa sakit dapat disebabkan dari:

     pecahnya kista,
     pertumbuhan yang cepat dan peregangan,
     perdarahan ke dalam kista, atau
     memutar dari kista sekitar suplai darah (dikenal sebagai torsi).

Jika kista telah mencapai ukuran besar, gejala lain mungkin timbul sebagai akibat dari tekanan atau distorsi struktur anatomi yang berdekatan. Gejala-gejala ini dapat termasuk kepenuhan perut atau kembung, gangguan pencernaan, perasaan penuh setelah makan hanya sedikit (awal kenyang), urgensi kemih, merasa dorongan untuk buang air besar atau memiliki sulit buang air besar, atau nyeri dengan hubungan seksual.

Bagaimana kista ovarium didiagnosis?

Kadang-kadang kista ovarium dapat diperhatikan oleh dokter selama pemeriksaan bimanual panggul. Jika kista diduga berdasarkan gejala atau pemeriksaan fisik, teknik pencitraan yang digunakan. Kebanyakan kista didiagnosa dengan ultrasound, yang merupakan teknik pencitraan terbaik untuk mendeteksi mereka. Ultrasound menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar struktur dalam tubuh. Pencitraan ultrasound tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya.

Kista juga dapat dideteksi dengan metode pencitraan lain, seperti CT scan atau MRI scan (magnetic resonance imaging).


Bagaimana kista ovarium dirawat?

Kebanyakan kista ovarium pada wanita usia subur folikel atau korpus luteum kista (kista fungsional) yang hilang secara alami dalam 1-3 bulan, meskipun mereka bisa pecah dan menyebabkan nyeri. Mereka jinak dan tidak memiliki konsekuensi kesehatan jangka panjang. Mereka dapat didiagnosis secara kebetulan saat pemeriksaan panggul pada wanita yang tidak memiliki gejala terkait. Semua wanita memiliki kista folikel di beberapa titik yang umumnya tidak diketahui.

USG berguna untuk menentukan apakah kista sederhana (hanya cairan dengan tidak ada jaringan yang solid, menunjukkan kondisi jinak) atau senyawa (dengan komponen padat yang sering diperlukan reseksi bedah).

Singkatnya, pengobatan yang ideal kista ovarium tergantung pada apa kista cenderung. Usia wanita, ukuran (dan perubahan dalam ukuran) kista, dan penampilan kista pada USG untuk membantu menentukan pengobatan. Kista yang fungsional biasanya diamati kecuali mereka pecah dan menyebabkan perdarahan yang signifikan, dalam hal ini, perawatan bedah diperlukan. Tumor jinak dan ganas memerlukan operasi.

Pengobatan dapat terdiri dari pengamatan sederhana, atau dapat melibatkan mengevaluasi tes darah seperti CA-125 untuk membantu menentukan potensi untuk kanker (mengingat banyak keterbatasan CA-125 pengujian yang dijelaskan di atas).

Tumor bisa diangkat dengan operasi laparoskopi dengan baik,, atau jika diperlukan, sayatan perut yang terbuka (laparotomi) apakah itu yang menyebabkan sakit parah, tidak menyelesaikan, atau jika mencurigakan dengan cara apapun. Setelah kista diangkat, pertumbuhan tersebut dikirim ke ahli patologi yang memeriksa jaringan di bawah mikroskop untuk membuat diagnosis akhir untuk jenis kista ini.

Apa resiko dari kista ovarium selama kehamilan?

Kista ovarium kadang-kadang ditemukan selama kehamilan. Dalam kebanyakan kasus, mereka adalah temuan insidental pada saat screening USG rutin. Mayoritas kista ovarium yang ditemukan selama kehamilan adalah kondisi jinak yang tidak memerlukan intervensi bedah. Namun, operasi dapat diindikasikan jika ada kecurigaan keganasan, jika komplikasi akut seperti pecah atau torsi (memutar kista, mengganggu suplai darah) mengembangkan, atau jika ukuran kista cenderung menimbulkan masalah dengan kehamilan.

No comments:

Post a Comment